Memahami Ragam Wacana Tulis Dengan Membaca EKstensif, Membaca Intensif, dan Membaca Nyaring

Mei 27, 2010 at 3:16 am (Uncategorized)

Membaca ekstensi

1. Pengertian Membaca Ekstensif

Membaca ekstensif merupakan cara membaca secara cepat dan sekilas dengan tujuan memahami gambaran isi buku secara umum. Dalam, membaca ekstensif, diperlukan kecepatan dan ketepatan. Detail atau perincian bacaan tidak perlu dihafalkan, tetapi cukup dibaca sekali dan dipahami gagasannya. Teknik membaca ekstensif hampir sama dengan teknik membaca cepat, yaitu membaca secara cepat dan sekilas tanpa mengurangi pemahaman terhadap isi bacaan. Hal terpenting dari teknik membaca secara ekstensif ialah menemukan gagasan secara tepat. Untuk menemukan gagasan dari beberapa artikel atau buku dalam waktu singkat, bacalah artikel-artikel atau buku tersebut sekilas saja (ekstensif).

2. Tujuan membaca ekstensif yaitu:

a. Untuk memperoleh pemahaman umum, atau

b. Untuk menemukan hal tertentu dari suatu teks.

3. Secara umum membaca ekstensif dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

a.  Mensurvey halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dan indeks.

b.  Men-skim halaman demi halaman teks dengan cepat Untuk menemukan gagasan pokok dari halaman-halaman teks itu atau

c.  Melirik setiap halaman teks hanya untuk menemukan kata atau keterangan tertentu yang  diinginkan.

Teks Berita 1

Cagar Budaya Di Bengkulu Terancam Rusak

BERITA – berita-terkini.infogue.com – BENGKULU, SABTU—

Sebagian besar cagar budaya di Provinsi Bengkulu terancam rusak akibat tidak terawat dan minimnya dana pemerliharaan. .Cagar budaya yang sangat memprihatinkan itu lain Benteng Marlbourogh, peninggalan Kerajaan Inggris di Kota Bengkulu, merupakan salah satu dari 27 cagar budaya di provinsi itu, kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Bengkulu, Gitar Sirait di Bengkulu, Jumat.

Benteng Marlbourogh yang berada di pusat obyek wisata di Tapak Padri, sampai sekarang nampak kusam, akibat ditumbuhi rerumput tinggi di sekitarnya. Pihak Diknas tidak bia berbuat banyak untuk merenovasi benteng bersejarah itu serta situs budaya lainnya. Selama ini penanganan rehabilitasi cagar budaya itu, ditangani langsung oleh pusat cagar budaya dari provinsi Jambi, sedangkan Bengkulu hanya sebagai pemilik aset, jadi dananya ada di Jambi, ujarnya.

Dia menjelaskan, cagar budaya yang ada di provinsi Bengkulu sampai saat ini tercatat sekitar 27 buah dan tersebar di seluruh kabupaten dan kota Bengkulu. Dari ke 27 buah cagar budaya itu ada di Kota Bengkulu lain Benteng Marlbourogh, Benteng York, Tugu Hamilton, Tugu Thomas Part, Makam Inggris, bunker Jepang dan rumah pengasingan Bung Karno.

Kemudian di Bengkulu utara, ada Mesjid Padang Betuah, Tugu Van Amestel dan rumah Gubernur Militer DR A.K Gani, Kabupaten Muko Muko ada Situs Benteng Anna dan Mesjid Jamik Al Falah dan di kabupaten Rejang Lebong Suban Air Panas. Cagar Budaya di Kabupaten Seluma, situs Megalitik Rantau Panjang, situs megalitik Gerincing, kabupaten Kepahiang ada situs Beteng Kuto Aur, Kabupaten Kaur ada situs Megalitik Naga Rantai, situs Beteng Lina dan situs Jel/Penjara di Muarasahung. Sementara di Kabupaten Bengkulu selatan ada lima cagar budaya yakni situs Megalitik Kota Bumi, situs Megalitik Sebilo, rumah tradisional Suku Serawai Bumi, Bunker Jepang dan Meriam Honisort.

Teks Berita 2

Budaya dan seni mendorong Indonesia, hubungan Rusia

Moscow (ANTARA News) – Deputy Foreign Minister for Asian Affairs of the Russian Federation Alexei Barodavkin said culture and art would strengthen the relations between Indonesia and Russia which have entered its 60th anniversary. Moskow (ANTARA News) – Deputi Menteri Luar Negeri Asia Federasi Rusia Alexei Barodavkin kata budaya dan seni akan memperkuat hubungan antara Indonesia dan Rusia yang telah memasuki ulang tahun ke-60.

Alexei Barodavkin made the statement when opening the Indonesian Cultural Festival followed by art performances and a fashion show by Indonesian fashion designers, with Russian and Indonesian mannequins taking part, at Concert Hall MIR in Moscow Tuesday night. Alexei Barodavkin membuat laporan saat membuka Festival Budaya Indonesia yang diikuti oleh pertunjukan seni dan peragaan busana oleh perancang busana Indonesia, dengan boneka Rusia dan Indonesia mengambil bagian, di Concert Hall MIR di Moskow hari Selasa malam.

The Indonesian Cultural Festival was held in three Russian cities, Moscow, Tver and St Petersburg, from May 24 to 31, in return for a similar event Russia had held in Jakarta and Yogyakarta last year. Kebudayaan Indonesia Festival diadakan di tiga kota Rusia, Moskow, Tver dan St Petersburg, dari 24-31 Mei, sebagai imbalan atas peristiwa yang Rusia serupa diadakan di Jakarta dan Yogyakarta tahun lalu.

Cultural and Tourism Minister Jero Wacik said culture and tourism is a means which will foster the relations between Indonesia and Russia. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik budaya dan pariwisata adalah sarana yang akan mendorong hubungan antara Indonesia dan Rusia.

Sixty years ago on February 3, 1950, Indonesia and Russia agreed to establish diplomatic relations. Enam puluh tahun yang lalu pada tanggal 3 Februari 1950, Indonesia dan Rusia sepakat untuk membentuk hubungan diplomatik. In 1954, the two countries opened their embassies in Moscow and Jakarta. Pada tahun 1954, kedua negara membuka kedutaan besar mereka di Moskow dan Jakarta.

Tugas:

1. Bacalah kedua teks berita budaya diatas!

2. Temukan masalah utama dari kedua berita tersebut!

3. Tulislah Ide pokok dari teks berita tersebut!

^^Good_LucK^^

About these ads

5 Komentar

  1. aeywiduriwulandari said,

    masalah utama dan ide pokok dari teks 1 : Rusaknya cagar budaya bengkulu karena kurang perawatan

    masalah utama dan ide pokok dari teks 2 : Hubungan budaya anatar Indonesia dan Rusia

  2. opikayulita said,

    bu,,, ini jawaban saya..
    Setelah saya membaca kedua teks diatas dapat saya siumpulkan bu, bahwa ide pokok pada teks 1 yaitu : rusaknya cagar budaya di Bengkulu karena kurang perhatian dari pemerintah Bengkulu. Sedangkan pada teks 2 yaitu Indonesia dan Rusia bekerja sama dalam hal kebudayaan.
    semoga jawaban saya benar Bu…

  3. betamutiara said,

    Ini jawaban saya bu guru..
    Teks 1 ide pokoknya: cagar alam yang rusak akibat kurang perhatian
    Teks 2 ide pokoknya: Kerjasama budaya yang dijalin Indonesia dan Rusia

  4. wiwietpuisilafal said,

    Setelah membaca kedua teks diatas,,
    maka ini jawaban saya bu….
    Ide pokok pada teks p[ertama yaitu: Cagar budaya Bengkulu hampir punah karena tidak terawat
    sedangkan Ide pokok pada teks kedua : rusia dan Indonesia bekerja sama dalam bidang kebudayaan yaitu pertukaran seni

    Semoga jawaban saya benar Bu…

  5. hayatunkucing said,

    Bu, menurut saya…
    ide pokok teks 1 : cagar budaya bengkulu punah, sedangkan
    ide pokok teks 2 : Indonesia dan Rusia menjalin kerjasama dibidang kebudayaan

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: